Tim Evalap Sosialisasikan e-Performance Pada Jajaran Kanwil Kemenkumham NTB

monev evalap 2017 1

Mataram - Bertempat di aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat, tim evaluasi dan pelaporan Biro Perencanaan Kemenkumham memberikan sosialisasi terkait teknis penggunaan e-performance dan penyusunan pelaporan pada satuan kerja dan kantor wilayah (12/4/2017). Sosialisasi dihadiri oleh para operator penyuunan laporan masing-masing divisi dan satuan kerja se-Pulau Lombok. Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi, Faisol Ali yang menyampaikan ada 3 (tiga) tahapan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai instansi, diantaranya tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Namun hal tersebut masih ada satu tambahan lagi, yaitu tahap evaluasi yang nantinya akan menjadi bahan acuan untuk melakukan penyusunan rencana kerja dan anggaran suatu instansi.

"Laporan pada awalnya hanya dianggap sebagai pelengkap dan berkas-berkas tidak penting", ujar Faisol Ali. "Seiring dengan Kementerian Hukum dan HAM telah menjalankan sistem reformasi birokrasi dan telah dicangkanya e-government, saat ini penyusunan pelaporan juga telah dimudahkan dengan adanya aplikasi-aplikasi yang mempermudah penyampaian laporan, salah satunya adalah e-performance", tambahnya.

e-Performance adalah aplikasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan kinerja unit organisasi. Aplikasi tersebut menyampaikan proses perencanaan kinerja, penganggaran kinerja, keterkaitan kegiatan/sub kegiatan dalam pencapaian target kinerja dan monitoring serta evaluasi pencapaian kinerja dan keuangan. Aplikasi tersebut juga dapat diakses oleh para stakeholder sebagai sumber informasi pelaporan Kementerian Hukum dan HAM serta jajarannya dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Aplikasi e-performance dapat diakses melalui browser dengan alamat situs http://e-performance.kemenkumham.go.id

Lisca Prescilya sebagai narasumber dari tim evalap Biro Perencanaan dalam memberikan sosialisasi menyampaikan saat ini kita telah menjalankan e-government dan dalam hal penyusunan pelaporan telah dibangun sistem aplikasi seperti aplikasi target kinerja dan e-performance untuk memudahkan kita dalam penyampaian laporan sekaligus mengurangi penggunaan kertas (paper less). "Sebelumnya masing-masing kantor wilayah mengirimkan laporan dalam bentuk hard copy kepada bagian Evalap yang membuat saat ini terjadi penumpukan berkas pada ruangan kerja kami dan e-gov adalah solusinya", ujarnya. "Aplikasi target kinerja dan e-performance merupakan salah satu dari aplikasi pelaporan yang memudahkan pekerjaan kita sekaligus mengurangi jumlah tumpukan kertas saat ini", tambahnya.

Kepala Divisi Administrasi mengharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan para peserta untuk dapat menerapkan aplikasi tersebut dalam penyusunan laporan yang cepat dan mudah serta dapat terjadi komunikasi dua arah antara narasumber dan peserta agar dapat menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi pada satuan kerja masing-masing.

monev evalap 2017 3

monev evalap 2017 3


Cetak   E-mail