Rutan Selong Selenggarakan Panen Raya ke-2

panen raya rutan selong 4

Selong – Kemarin (22/04/2017) adalah kali kedua Rutan Selong mengadakan panen raya hasil kebunnya yang berada di daerah Menaga Baris Kabupaten Lombok Timur. Acara panen raya dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB, Sevial Akmily yang memimpin langsung jalannya acara tersebut. Acara dihadiri juga oleh Kepala UPT Pemasarakatan se-Pulau Lombok serta anggota Satpol PP Kab. Lombok Timur.

Luas dan suburnya lahan Rutan Selong yang berada di Menaga Baris membuat berbagai tumbuhan tumbuh disana. Jagung merupakan hasil kebun paling banyak yang dipanen pada acara panen raya tersebut. Selain jagung, ada juga cabe, terong, buah naga, pisang, pepaya, dan tentunya pohon lian yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi para masyarakat luas untuk berkunjung ke perkebunan untuk mengabadikan momen dengan berfoto dibawah pohon tersebut. Tidak hanya itu, adanya pondok/berugak dapat dijadikan tempat berteduh ketika cuaca panas.

Kakanwil beserta seluruh Kepala UPT, pejabat dan pegawai bersama-sama ke lahan jagung yang siap panen untuk melakukan panen raya. Jagung yang telah dipanen nantinya akan dijual pada pabrik pengolah jagung pakan dan hasil penjualannya akan dimasukkan menjadi penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Kegiatan ini diharapkan bukan hanya sebagai seremonial belaka tetapi juga sebagai program pembinaan produktif bagi narapidana untuk dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat. “Saya harap UPT lain yang mempunyai lahan juga dapat mengadakan kegiatan seperti ini untuk mendukung program pemenuhan pangan di provinsi NTB serta menciptakan lapas produktif yang bermanfaat bagi kreatifitas narapidana, serta tetap ada panen raya-panen raya berikutnya,” ujar Kakanwil.

panen raya rutan selong

panen raya rutan selong

panen raya rutan selong

panen raya rutan selong


Cetak   E-mail