Lapas Mataram : "Sehari Bersama Mereka", Dekatkan WBP dengan Keluarga

sehari bersama mereka 1Mataram - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mataram mengadakan kegiatan sehari bersama mereka untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) beserta keluarganya (18/6/2017). Program ini merupakan layanan kunjungan khusus hari minggu yang diberikan bagi keluarga WBP untuk menjenguk keluarganya yang berstatus sebagai narapidana ataupun tahanan. Hari minggu yang harusnya tidak adanya layanan kunjungan ke dalam Lapas, atas kebijakan Kepala Lapas Mataram, Gun Gun Gunawan memberikan kebijakan tersebut sebagai langkah untuk mendekatkan dan memperbaiki serta melakukan terobosan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi WBP dan keluarganya.

Layanan kunjungan sehari bersama mereka ini diberlakukan sekali dalam tiap bulan pada hari minggu dengan tujuan memberikan waktu dan kesempatan bagi keluarga WBP yang tidak mempunyai waktu luang karena sibuk bekerja ataupun bersekolah untuk mengunjungi keluarganya yang berada di Lapas Mataram dan Lapas Perempuan Mataram.

Kunjungan sehari bersama mereka hari ini dibuat khusus karena setiap keluarga WBP yang berkunjung harus merupakan anggota keluarga yang membawa anak-anak. Ini dikarenakan layanan kunjungan ini dikhususkan untuk pertemuan Napi/Tahanan dengan anggota keluarga mereka khususnya anak mereka. Sampai pukul 11.30 WITA tadi, sudah lebih dari 60 keluarga WBP yang berkunjung mulai dibukanya kunjungan pada pukul 09.00 WITA.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Lapas Mataram yang telah membuat program "Layanan Kunjungan Sehari Bersama Mereka" yang membuat saya dan keluarga dapat bersama-sama mengunjungi suami saya yang berada di dalam, yang pada hari lain saya sibuk bekerja dan anak-anak juga bersekolah", ungkap seorang Ibu yang mengunjungi suaminya.

Ada hal baru yang menarik di Lapas Mataram, saat ini Lapas Mataram sudah menjadi tempat kunjungan yang cukup nyaman bagi anak-anak yang ikut orang tua mereka untuk bertemu dengan keluarga mereka di dalam Lapas. Itu dikarenakan, Lapas Mataram telah menyediakan tempat bermain bagi anak yang menunggu disela-sela kunjungan orang tua mereka dapat bermain pada area tersebut yang dilengkapi dengan ayunan dan kolam ikan. Area tersebut disediakan karena keprihatinan Kepala Lapas Mataram, ketika harus melihat para anak WBP yang ikut berkunjung juga harus menghirup asap rokok yang dihisap oleh para WBP dan kunjungan pada hari-hari biasa sebelum bulan Ramadhan.

sehari bersama mereka 2

sehari bersama mereka 3

sehari bersama mereka 4


Cetak   E-mail