Kanwil Kemenkumham NTB Selenggarakan Rapat Koordinasi RANHAM Tahun 2017

ranham juni

Mataram - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan kegaitan rapat koordinasi pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Tahun 2017 yang bertempat di Hotel Nutana (21/6/2017). Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh 25 orang peserta yang terdiri dari instansi pemerintah daerah, antara lain  Biro Hukum Provinsi, Bappeda Provinsi, Kab/Kota se-Pulau Lombok dan Sekda Kab/Kota se-Pulau Lombok. Penyelenggaraan rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Aksi HAM Tahun 2017, serta menyusun Aksi HAM pada tahun 2018.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan RAHAM Tahun 2017 dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB, Sevial Akmily. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang RANHAM Tahun 2015-2019, adalah dokumen yang memuat sasaran, strategi, dan fokus kegiatan prioritas rencana aksi nasional hak asasi manusia Indonesia dan digunakan sebagai acuan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM di Indonesia.

Untuk mendukung capaian aksi HAM Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota juga telam membentuk Tim RANHAM dengan sasaran dan tugas sebagaimana yang telah ditentukan dala Surat Edaran Mendagri. Pelaksanaan Rakor RANHAM Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham NTB tidak hanya untuk mendengarkan materi dari narasumber, melainkan pelaksanaan diskusi bersama guna menyusun dan mengevaluasi pelaporan pelaksanaan Aksi HAM Tahun 2017 dan penyusunan Aksi HAM Tahun 2018. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB mempunyai tugas untuk memastikan penyusunan usulan Aksi HAM Daerah Tahun 2018.

Diakhir sambutannya, Kakanwil mengucapkan selamat mengikuti kegiatan Rakor kepada seluruh peserta dan berharap agar kegiatan ini dapat mewujudkan keluaran yang kontributif dalam pelaksanaan Aksi HAM Tahun 2017 khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

ranham juni 2

Cetak