Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-52 : Revolusi Mental Kita Wujudkan Pemasyarakatan PASTI SMART

hut-pas-2016-11

Mataram, 27 April 2016

Hari ini merupakan hari atau momen penting bagi jajaran Pemasyarakatan seluruh Indonesia. Hari ini bertepatan dengan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-52 yang jatuh setiap tanggal 27 April. Pelaksanaan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat dilaksanakan dengan upacara di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Mataram, Batukliang Lombok Tengah. Upacara dihadiri oleh seluruh pejabat eselon II, III dan IV kanwil Kemenkumham NTB, Kepala UPT se-Pulau Lombok, Kepala BNP NTB, Perwakilan Kepolisian Daerah NTB dan perwakilan pegawai Kanwil dan UPT se-Pulau Lombok. Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-52 ini bertema "Dengan Revolusi Mental Kita Wujudkan Pemasyarakatan PASTI SMART."

Upacara dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah sebagai Inspektur Upacara. Kakanwil dalam amanahnya membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan permasalahan yang dihadapi oleh Pemasyarakatan saat ini erat kaitannya dengan rendahnya nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong-royong petugas pemasyarakatan dalam melaksanakan tugas. Hal tersebut masih tercermin pada masih rendahnya tanggung jawab dan pemahaman sepenuhnya terhadap makna dan hakekat dari tugas yang diemban dalam rangka membangun kapasitas pribadi para pelanggar hukum agar menyadari kesalahan, menjadi pribadi yang lebih baik agar mampu ikut berperan serta dalam membangun. Untuk itu diperlukan gerakan revolusioner dalam rangka membangun mental setiap petugas Pemasyarakatan agar mampu mengimplementasikan nilai-nilai esensial yang meliputi etos kerja, motivasi berpprestasi, disiplin, taat hukum dan aturan, berpandangan optimis, produktif-inovatif, gotong-royong dan berorientasi pada kemaslahatan umum.

Upaya penguatan peran Pemasyarakatan tentu saja harus segera kita sikapi dengan langkah percepatan (speed up) guna merumuskan langkah-langkah penyelesaian. Pemikiran yang cerdas, loyalitas dan dedikasi yang tinggi serta keikhlasan dalam menjalankan tugas dan pengabdian akan sangat menentukan terhadap pencapaian sebuah keberhasilan dalam pelaksanaan tugas pemasyarakatan, tambah Kakanwil dalam membacakan sambutan Menkumham.

Dalam pelaksanaan upacara, Kakanwil memberikan penghargaan kepada Kepala Badan Narkotika Provonsi NTB dan Kepolisian Daerah NTB yang telah bekerjasama dengan Kanwil Kemenkumham NTB dalam penegakan hukum khususnya di Lapas dan Rutan dalam pelaksanaan sidak, penggeledahan dan tes urine bagi petugas dan warga binaan. Kakanwil juga memberikan penghargaan kepada tiga orang petugas Rutan Selong yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika ke dalam Rutan. Selain itu, setelah usai pelaksanaan upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan pemusnahan barang hasil penggeledahan di Lapas dan Rutan se-NTB oleh Kakanwil didampingi oleh Kepala BNP NTB dan Perwakilan Polda NTB serta Para Kepala Divisi.

hut-pas-2016-1

hut-pas-2016-2

hut-pas-2016-3

hut-pas-2016-4

hut-pas-2016-5

hut-pas-2016-6

hut-pas-2016-7

hut-pas-2016-8

hut-pas-2016-9

hut-pas-2016-10

Cetak