Kanwil Kemenkumham NTB Peringati Hari Kesaktian Pancasila

pancasila-2015-1

Mataram (01/10/2015) - Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat diikuti oleh pejabat eselon II, III dan IV, seluruh pegawai Kanwil dan juga pegawai dari Unit Pelaksana Teknis se-Kota Mataram. Upacara ini diselenggarakan di lapangan Kanwil Kemenkumham NTB dan yang menjadi petugas dalam pelaksanaan upacara tersebut adalah pegawai dari Bapas Mataram. Upacara dipimpin langsung oleh Kakanwil sebagai inspektur upacara. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2015 ini mengambil tema "Kerja Keras dan Gotong Royong Mengamalkan Pancasila".

pancasila-2015-2

Kakanwil yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan kita patut bersyukur karena disatukan dalam konsep Indonesia yang menganut Pancasila sebagai pedoman dasar negaranya yang sekaligus menjadi dasar dalam berpikir, bersikap dan berperilaku bagi warga negaranya. Dengan mengimplementasikan setiap sila dalam Pancasila maka sejatinya kita telah mampu menjadi "manusia yang utuh" sesuai dengan kodrat dan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Melalui pengejawantahan sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, kita menyadari bahwa kehidupan yang kita jalani adalah anugerah terindah yang diberikan oleh-Nya, sebab atas nama Tuhan Yang Maha Esa kita bisa disatukan untuk bisa menuju keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan cara bergotong royong.

pancasila-2015-3

Akhirnya, melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila mari kita jadikan sebagai upaya melestarikan,mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tambah Kakanwil diakhir membacakan sambutan Menkumham. 

 

Cetak