Tingkatkan Sinergi Dalam Rangka Penegakan Hukum

bnn-2016-1

Mataram, 19 April 2016

Mewujudkan Nusa Tenggara Barat yang tertib dan taat pada hukum, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB terus berupaya dan meningkatkan koordinasi dengan instansi-instansi penegak hukum. Setelah kemarin (18/04), Kakanwil berkunjung ke Kepala Kejaksaan Tinggi Mataram, hari ini dilanjutkan dengan kunjungannya ke Badan Narkotika Nasional Provinsi NTB. Dalam kunjungannya ke BNNP, Kakanwil didampingi oleh Kepal Divisi Administrasi, Kabid Keamanan dan Ketertiban serta Kabag Program dan Pelaporan bertemu dengan Kepalan BNNP NTB Bapak Srijanto. Kunjungan tersebut membahas tentang penanganan tahanan dan narapidana kasus narkotika yang ada di dalam Lapas dan Rutan yang jumlahnya terus meningkat. Ditambah lagi dengan permasalahan kondisi di Lapas dan Rutan yang over kapasitas membuat kewaspadaan akan terjadinya gangguan keamanan dari dalam Lapas dan Rutan ditingkatkan. 

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi NTB akan berupaya untuk melakukan tindak lanjut penanganan bagi para pecandu narkoba yang ada di dalam Lapas dan Rutan sebagai langkah untuk mengurangi jumlah penyalahguna narkoba di wilayah NTB. Setelah pada tahun 2015 lalu telah diupayakan merehabilitasi 40 narapidana kasus narkoba yang telah mendapat assesment dari tim BNNP NTB. Tahun ini, Kanwil Kemenkumham NTB bersama BNNP NTB akan terus meningkatkan kerjasama dan bersinergi untuk membangun NTB yang bersih dan bebas dari narkoba.

Selain itu, Kepala BNNP NTB juga mengajak Kakanwil untuk meninjau ruang pemeriksaan dan perawatan serta sel tahanan yang dimiliki oleh BNNP NTB. Sel tahanan yang ada disana, digunakan untuk menampung para tahanan kasus narkotika yang saat ini berjumlah 8 orang di dalam sel tersebut sebelum diserahkan kepada pihak Kejaksaan ataupun di Rumah Tahanan.

bnn-2016-2

bnn-2016-3bnn-2016-4

Cetak