Lapas dan Rutan Serentak Kukuhkan Pasukan Merah Putih Narapidana

pengukuhan merah putih narapidana 1Mataram, 21 Mei 2018 – Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara seluruh Indonesia pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018 secara serentak melakukan pengukuhan pasukan merah putih narapidana. Tidak terkecuali pada Lapas dan Rutan se-NTB.

Pengukuhan pasukan merah putih narapidana di Lapas dan Rutan se-NTB dirangkaikan pada upacara peringatan hari Kebangkitan nasional ke-110 Tahun 2018 di masing-masing Lapas dan Rutan. Pada upacara tersebut, pasukan merah putih narapidana membacakan kata-kata pengukuhan sekaligus penyematan pita merah putih oleh inspektur upacara kepada pasukan tersebut.

Pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 yang dirangkaikan dengan prosesi pengukuhan pasukan merah putih narapidana di Lapas Mataram dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Taufiqurrahman. Upacara dihadiri oleh Kepala Lapas Mataram dan jajarannya serta para narapidana yang mengenakan kaos merah sebagai tanda pasukan merah putih narapidana yang telah siap mengikuti prosesi pengukuhan.

Taufiqurrahman selaku inspektur upacara memimpin pembacaan kata-kata pengukuhan pasukan merah putih narapidana yang diikuti oleh seluruh pasukan. Dalam kata-kata tersebut, para narapidana diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan dan dapat hidup secara wajar sebagai warga binaan pemasyarakatan yang baik dan bertanggung jawab dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai bakti kepada negeri, merah putihnya narapidana.

Pengukuhan pasukan merah putih narapidana pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 merupakan aksi nyata yang ditunjukan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk membangun SDM dan menumbuhkan semangat juang para narapidana untuk kembali menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018 ini yaitu “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional”.

Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional, acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala Lapas Perempuan Mataram dengan Yayasan Daarul Qur’an Wisata Hati dan Bank Sampah Mandiri yang disaksikan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan tindak lanjut kerjasama yang telah dilakukan dalam rangka melakukan pembinaan WBP khususnya pada Lapas Perempuan Mataram.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional !!!

pengukuhan merah putih narapidana 3pengukuhan merah putih narapidana 3


Cetak   E-mail