Peringati Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, Lapas dan Rutan di NTB Deklarasi “Hapus Buta Huruf Al-Quran Bagi WBP”

Mataram, 10 September 2018 - Tahun Baru Hijriah atau yang biasa dikenal dengan tahun baru islam 1 Muharram 1440 H jatuh bertepatan dengan tanggal 10 September 2018 Masehi diperingati dengan melakukan syiar agama islam di berbagai Unit Pelaksana Teknis di jajaran Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Barat. Berbagai kegiatan mulai dari ceramah keagamaan, khataman quran dan belajar mengaji dilakukan untuk memperingati Tahun Baru Islam ini dengan energi yang baru dan positif.

Dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah ini, seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan melaksanakan kegaitan doa bersama sekaligus menggalakan aksi “Hapus Buta Huruf Al-Qur’an Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan”. Kegiatan ini secara serentak dilakukan diseluruh Lapas dan Rutan se-NTB dalam rangka menyambut tahun baru islam menjadi pribadi yang lebih religius.

Pada Lapas Mataram, Deklarasi Hapus Buta Huruf Al-Qur’an ditandai dengan penyerahan Al-Qur’an kepada perwakilan warga binaan pemasyarakatan secara simbolis oleh Plt Kalapas Mataram dan Kalapas Perempuan Mataram dengan harapan Al-Qur’an tersebut dapat dibaca dan diamalkan untuk menjadi pedoman kehidupan beragama dan bermasyarakat. Selain itu, kegiatan peringatan Tahun Baru Islam juga diisi dengan ceramah keagamaan serta pembacaan ayat suci Al-Quran yang ditutup dengan solat magrib secara berjamaah dan doa bersama.

Kegaitan tersebut dilaksanakan secara serentak pada seluruh Lapas dan Rutan di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Peringatan tahun baru islam 1440 Hijriah ini diharapkan dapat menjadi momentum perbaikan ke arah yang lebih baik dan religius, baik bagi para petugas Pemasyarakatan maupun WBP.

hapus buta huruf quran lapas sumbawa 1

Penyerahan Al Qur'an secara simbolis kepada perwakilan WBP oleh Plt. Kepala Lapas Mataram dan Kepala Lapas Perempuan Mataram

hapus buta huruf quran lapas sumbawa 1

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah di Lapas Sumbawa Besar

hapus buta huruf quran lapas mataram 2

Cetak