Plt. Kakanwil Kemenkumham NTB Buka Kegiatan Konsultasi Teknis Pemasyarakatan

konsultasi teknis pemasyarakatan 1Mataram, 17 September 2018 - Bertempat di hotel Puri Indah Mataram, Plt. Kepala Kantor Wilayah H. Faisol Ali membuka kegiatan konsultasi teknis pemasyarakatan bidang pembinaan, bimbingan pemasyarakatan, pengentasan anak, informasi dan komunikasi. Kegiatan konsultasi teknis diikuti oleh 29 orang peserta dari Lapas dan Rutan seprovinsi Nusa Tenggara Barat. Hadir dalam pembukaan tersebut Direktur Bimbingan Kemasyarakatan Ditjen Pemasyarakatan Yunaidi, Kasubdit Litmas dan Pendampingan Lesti Wahyuningsih, dan para Kepala UPT Pemasyarakatan se-Kota Mataram. 

Dalam membuka kegiatan, Faisol Ali menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting sebagai bagian dari peningkatan kapasitas petugas Pemasyarakatan di NTB dalam menangani WBP, anak didik dan klien pemasyarakatan untuk memperoleh hak-haknya secara optimal. "Selain itu, juga kami sampaikan kepada petugas Pemasyarakatan yang hadir saat ini agar selalu senantiasa mengaplikasikan tata nilai PASTI Kementerian Hukum dan HAM yang terdapat dalam deklarasi janji kinerja 2018 dan selalu digaungkan pada setiap apel pagi", tambahnya.

Kondisi jumlah hunian yang tinggi di Lapas dan Rutan dan luas wilayah Bapas dalam melakukan litmas menjadi salah satu permasalahan di wilayah NTB. Hal ini diharapkan bukan menjadi kendala dalam memberikan pelayanan kepada WBP, anak didik dan klien. Dalam menangani permasalahan tersebut, juga telah dilakukan beberapa terobosan dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi untuk menunjang pelayanan di bidang pemasyarakatan, seperti pembebasan bersyarat online, remisi online, dan rencananya kedepan akan dilakukan pelaporan litmas secara online.

Konsultasi Teknis Bidang Pemasyarakatan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari sampai Rabu, 19 September 2018 dan diisi oleh narasumber pusat. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka penyamaan persepsi dalam penerapan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta membahas isu-isu aktual dalam pemberian pelayanan pemasyarakatan. "Saya harapkan petugas Pemasyarakatan yang menjadi peserta kegiatan ini dapat mendengarkan dengan baik penjelasan narasumber", ujar Faisol Ali sebelum menutup sambutannya.

konsultasi teknis pemasyarakatan 4

konsultasi teknis pemasyarakatan 4

konsultasi teknis pemasyarakatan 4

Cetak