Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lapas dan Rutan se-NTB Perkuat Ukhuwah Islamiyah

maulid nabi 2Mataram - Lapas dan Rutan se-NTB bersuka cita sambut perigatan Maulid nabi Muhammad SAW. 20 November 2018 yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1440 H merupakan hari kelahiran Rasulullah SAW yang dikenal dan diperingati dengan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum untuk kembali mengingat pesan-pesan dan perjuangan Rasulullah SAW dalam bersikap dan berbuat sebagai suri teladan yang baik. 

Sama seperti umat Islam di Indonesia pada umunya, seluruh warga binaan pemasyarakatan yang ada di Lapas dan Rutan se-NTB bersuka cita menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mengangkat tema "Perkuat Ukhuwah Islamiyah" peringatan Maulid Nabi SAW di Lapas dan Rutan berjalan dengan tertib dan khidmat. Rangkaian acara seperti pembacaan Al-Qur'an dan tausiyah yang disampaikan oleh para ustadz didengar secara baik oleh para petugas dan WBP. Tidak hanya itu, kegiatan keagamaan seperti pengajian bersama dan lantunan bacaan sholawat juga disenandungkan di Lapas dan Rutan dalam rangka mengingat pesan-pesan Rasulullah SAW yang tertuang dalam bacaan sholawat tersebut. 

Tema "Perkuat Ukhuwah Islamiyah" sengaja diangkat melihat kondisi Indonesia yang saat ini banyak terpecah menjadi beberapa kelompok dan golongan yang sering berselisih. Terlebih tahun ini merupakan tahun politik, banyak orang yang berseberangan menjadi bermusuhan. Dengan Peringatan Maulid Nabi ini diharapkan dapat menumbuhkan dan memupuk rasa persatuan dan memperkuat persodara sesama umat Islam dan menjadi teladan bagi umat yang lain sesuai contoh dan tuntunan yang diberikan Rasulullah SAW. Umat Islam juga diharapkan dapat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dan sebagai penggerak kegiatan yang berimplikasi pada kemajuan bangsa.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk di Kota Mataram dipusatkan di Lapas Mataram. Kegiatan dihadiri juga oleh Plt. Kakanwil yang sekaligus membuka kegaitan tersebut secara resmi. Hadir juga Kepala Divisi Pemasyarakatan, pegawai dari Kantor Wilayah dan UPT se-Kota Mataram untuk ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.


Cetak   E-mail