Dwinastiti Kadiv Pemasyarakatan NTB Buka Kegiatan Jambore Pemasyarakatan di LPKA Mataram

jambore pas 1Batukliang, 2 Agustus 2019 - Dwinastiti Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB secara resmi membuka kegiatan Jambore Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Mataram. Jambore Pemasyarakatan di NTB dipusatkan di LPKA Mataram dan diikuti oleh para anak didik dan para perwakilan WBP pada Lapas dan Rutan se-Pulau Lombok. Hadir juga dalam upacara pembukaan kegiatan Jambore Pemasyarakatan, diantaranya Pembina Pramuka Kabupaten Lombok Tengah, Kepolisian, TNI, Perwakilan Pemda Lombok Tengah, Perwakilan Lembaga Pemerhati Anak, dan para Kepala UPT se-NTB. 

Jambore Pemasyarakatan yang bertemakan "Membangun Generasi Muda yang Berkarakter" ini dimaksudkan untuk mengisi peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli lalu. Beberapa anak didik yang berada di LPKA Mataram dan di LPKA seluruh Indonesia pada umunya tetap dapat memperingati Hari Anak Nasional dan mengisinya dengan kegiatan-kegiatan positif untuk membangun mental dan karakter sekaligus untuk menjamin hak-hak anak didik dan WBP tanpa adanya diskriminasi.

Upacara pembukaan kegiatan Jambore Pemasyarakatan berlangsung lancar dan khidmat. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Dwinastiti kepada perwakilan peserta Jambore di LPKA. Seluruh peserta upacara juga secara bersama-sama menyanyikan mars pramuka yang merupakan lagu kebanggaan anggota pramuka di Indonesia. Usai upacara pembukaan, para peserta Jambore dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis mendapat kesempatan untuk menampilkan atraksi gerakan baris-berbaris dan tarian di hadapan para undangan yang hadir. Beberapa peserta menampilkan gerakan lucu yang dapat menghibur para tamu undangan yang hadir. Terakhir penampilan ditutup dengan tarian kolosal oleh seluruh peserta Jambore Pemasyarakatan dan diikuti oleh seluruh tamu undangan yang bergabung ditengah para peserta.

Penyelenggaraan kegiatan Jambore Pemasyarakatan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia dan dihubungkan melalui teleconference. Pembukaan kegiatan dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI yang dilaksanakan di LPKA Tanggerang. Dalam sambutannya, Menkumham menyampaikan harapannya agar kegiatan Jambore Pemasyarakatan ini bisa menjadi momentum untuk meningkatakan semangat bagi seluruh anak didik Pemasyarakatan dalam mengukir prestasi. "Jadilah generasi muda Indonesia yang unggul, hebat, kreatif dan inovatif. Jadilah generasi petarung dan bukan generasi pecundang. Walaupun kalian berada di LPKA, namun saya minta kalian harus selalu mengabdi dan menjadi yang terdepan dalam menjaga NKRI", ucapnya.

jambore pas 5jambore pas 5jambore pas 5jambore pas 5

Cetak