Simulasi dan Pemutaran Film menjadi Media Inovasi Penyuluhan Hukum

WhatsApp_Image_2021-01-26_at_14.46.52.png

Lombok Tengah, 26 Januari 2020 - Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB melaksanakan Penyuluhan Hukum di MAN 1 Praya Lombok Tengah. Penyuluhan Hukum diawali dengan Pemutaran Film Getah Narkoba karya penyuluh hukum NTB, pemberian materi dan dilanjutkan dengan Simulasi dari studi kasus permasalahan hukum yang terjadi di Lingkungan Sekolah maupun masyarakat.

Kegiatan Penyuluhan Hukum dibuka oleh Kepala Sekolah MAN 1 Praya Bapak Lalu Syahdi, S.Pd., M.Pd. Kegiatan diikuti oleh OSIS dan perwakilan dari masing-masing kelas 10 yang berjumlah kurang lebih 40 orang dan dibagi dalam dua kelas. Kegiatan diselenggarakan mengikuti protokol kesehatan Covid 19 yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan sebelum kegiatan para Pihak Sekolah, Narasumber dan Peserta mencuci tangan.

Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB dibagi menjadi dua tim diantaranya Tim pertama Indraswati,S.H.,M.Ak dan Samdani, S.H. dengan materi Bullying dan Hati-hati Predator Seksual. Tim ke dua Soelistyaningsih, S.E., Regina Wiwin Winarti, S.H., dan Baiq Sri Hartati, S.H., M.H. dengan materi Narkoba, Pengenalan Bankum dan Bijak Bermedia Sosial.

Pemberian Materi disampaikan kepada para peserta dan dilanjutkan dengan Simulasi yang diangkat dari beberapa kasus permasalahan hukum. Kegiatan berjalan sangat meriah, karena hampir seluruh peserta aktif menanggapi pertanyaan dan menjawab, terlebih lagi pemandu yang berasal dari MAN 1 Praya memandu permainan simulasi dengan baik dan narasumber menyempurnakan jawaban dari peserta.

Kegiatan Penyuluhan Hukum ini, diharapkan dapat berkelanjutan dilaksanakan di MAN 1 Praya Lombok Tengah sehingga terwujudnya kesadaran hukum dan budaya hukum bagi generasi muda.

WhatsApp_Image_2021-01-26_at_14.46.54.jpeg

WhatsApp_Image_2021-01-26_at_14.46.55.jpeg

WhatsApp_Image_2021-01-26_at_14.46.53.jpeg

 


Cetak   E-mail