Upayakan Deteksi Dini Penjagaan Kamtib, Kemenkumham NTB Adakan Konsultasi Teknis Penginputan Data Fitur Keamanan SDP

kadivpas-1.png

Mataram, 8 Maret 2021 - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil NTB, Marselina Budiningsih, hari ini membuka acara Peningkatan Profesionalisme Petugas Pemasyarakatan Melalui Konsultasi Teknis Penginputan Data Fitur Keamanan Pada Sistem Data Base Pemasyarakatan(SDP) Pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat. Hadir dalam acara hari ini sebagai narasumber yaitu, Kasi Evaluasi dan Pelaporan Kamtib pada Direktorat Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Tisep Oven Harry dan Analis Sistem Aplikasi dan Jaringan Komputer pada Direktorat Teknologi Informasi dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Farid Harselino Tilaar.

Dalam sambutannya Marselina menjelaskan bahwa Sistem Database Pemasyarakatan atau SDP merupakan solusi teknologi informasi yang mencakup keseluruhan sistem informasi yang meliputi pengumpulan, penyaringan, pengelolaan, penyajian dan pengkomunikasian informasi pemasyarakatan. SDP sendiri merupakan mekanisme pelaporan dan konsolidasi pengelolaan data Warga Binaan Pemasyaratakan (WBP) yang memiliki fungsi sebagai alat bantu kerja sesuai dengan kebutuhan satuan kerja, kantor wilayah dan Ditjenpas guna meningkatkan kualitas pelayanan baik kepada WBP, masyarakat maupun internal pemasyarakatan. Maka dari itu, sistem database pemasyarakatan ini terus mengalami perbaikan dari masa ke masa dan juga dilakukan penambahan fitur keamanan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban.

Marselina juga berharap melalui kegiatan ini seluruh jajaran dapat meningkatkan profesionalisme sebagai petugas pemasyarakatan dalam menyajikan data dan informasi sebagai upaya deteksi dini dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada satuan kerja pemasyarakatan.

WhatsApp_Image_2021-03-08_at_08.42.48_1.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-08_at_08.42.49.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-08_at_09.23.45_1.jpeg

WhatsApp_Image_2021-03-08_at_09.49.55.jpeg


Cetak   E-mail