Wujudkan Laporan Keuangan yang Relevan dan Andal sesuai Standar Akutansi Pemerintah melalui Rekonsiliasi

 WhatsApp_Image_2022-01-17_at_20.10.14.png

ntb.kemenkumham.go.id - Kanwil Kemenkumham NTB telah melaksanakan kegiatan Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dan Pemutakhiran Data BMN Semester II T.A. 2021, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini tanggal 17 sampai 19 Januari 2022. Saefur Rochim, selaku Kepala Divisi Administrasi, menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Rekonsiliasi ini untuk mengetahui kendala-kendala yang muncul selama proses penyusunan laporan keuangan dan sarana pencocokan dan kesesuaian antara data keuangan dan barang milik negara sehingga penyusunan laporan keuangan dapat dilakukan lebih baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu jug sebagai sarana bagi seluruh operator untuk mengetahui permasalahan yang terjadi terkait update aplikasi SAIBA, SIMAK BMN, Persediaan dan SIMAN.

Kegiatan ini dilaksanakan secara Virtual menggunakan aplikasi Zoom, yang akan diikuti oleh TIM dari Unit Eselon I Setjen Kemenkumam, Imigrasi serta Pemasyaraktan yang akan dibagi menjadi 3 room meeting. Peserta sebanyak 48 orang yang merupakan operator SAIBA dan SIMAK BMN pada Satuan Kerja dan Wilayah di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat.

Haris Sukamto, Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, dengan diselenggarakannya rekonsiliasi ini berharap akan terwujudnya data laporan keuangan yang lebih baik dan tersusunnya laporan keuangan relevan dan andal sesuai dengan standar akutansi pemerintah. "Pelaksanaan kegiatan ditengah pandemic covid19 merupakan bukti bahwa kita mampu menyiapkan diri dalam menghadapi tatanan kehidupan baru dengan tetap menjaga sinergitas guna menghasilkan Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara yang 5 berkualitas, akuntabel dan transparan untuk mempertahankan opini WTP yang telah kita capai. Saya berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar simbolis dan seremonial belaka tetapi dapat menjadi wadah kita untuk bersama sama menyamakan langkah kita dalam menyelesaikan semua persoalan yang ada", pesan Haris saat membuka Rekonsiliasi tersebut.

WhatsApp_Image_2022-01-17_at_20.10.27.jpeg

 

WhatsApp_Image_2022-01-17_at_20.10.17.jpeg

 

#HarisSukamto
#KumhamPasti‬‬‬‬‬‬
#KemenkumhamNTB
#KanwilKemenkumhamNTB
#KumhamNTBPastiJuare


Cetak   E-mail