Hari Kebangkitan Nasional ke-114, Indonesia Siap Pulih dan Bangkit Sebagai Bangsa yang Kuat

harkitnas_-_1.png

ntb.kemenkumham.go.id - Hari Kebangkitan Nasional ke 114 turut diperingati secara khidmat oleh jajaran Kanwil Kemenkumham NTB pada Jumat (20/05) dan Satuan Kerja se-kota Mataram.

Upacara yang dipimpin langsung Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Romi Yudianto mengusung tema "Ayo Bangkit Bersama" sebagai bentuk seruan agar kita sebagai bangsa Indonesia dapat bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang melanda selama dua tahun terakhir.

Dalam pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Romi, peringatan Hari Kebangkitan Nasional, tidak hanya dimaknai secara seremonial melainkan juga dari sisi historisnya.

harkitnas_-_2.png

"Presiden Soekarno menetapkan hari lahir Boedi Oetomo pada 20 Mei 1948 sebagai Hari Bangkitnya Nasional Indonesia. Semangat persatuan yang digagasnya diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa," kata Romi.

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

"Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa" lanjut Romi.

harkitnas_-_4-min.png

harkitnas_-_5-min.png

Selain itu, momentum ini diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

"Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!" tutup Romi.

harkitnas_-_3-min.png

harkitnas_-_6.png


Cetak   E-mail