Persiapkan Rakor, Kadivmin Tekankan Inovasi dalam Pemecahan Masalah

rapat_divmin2022_-_1.png

ntb.kemenkumham.go.id - Menindaklanjuti rencana kegiatan Rapat Koordinasi Capaian Kinerja Semester I Tahun 2022 dan Rencana Kerja Tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-14 Juli 2022 di Jakarta, Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham NTB mengadakan rapat untuk melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Anggaran semester I Tahun Anggaran 2022 pada Rabu (29/06).

Saefur Rochim selaku Kepala Administrasi yang memimpin rapat mengatakan perlunya usulan dan inovasi dari masing-masing sub bagian guna mengatasi kendala atau permasalahan yang ada dalam pelaksanaan anggaran yang ada di Kantor Wilayah Kemenkumhamm NTB. Dalam rapat ini, Rochim juga mengatakan perlunya mempersiapkan data dukung, usulan dan inovasi terkait hal tersebut.

"Bagian Program dan Humas akan membuat Daftar Inventaris Masalah (DIM) yang menjembatani seluruh Divisi agar bisa mengetahui seluruh masalah yang ada di Kanwil Kemenkumham NTB," jelas Rochim.

rapat_divmin2022_-_2.png

Ia juga menyarankan agar penyerapan anggaran dilakukan secara akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Monitoring dan evaluasi secara berkala baik melalui aplikasi SMART DJA, E-Monev Bappenas atau agenda rapat harus terus dilakukan.

“ Saya minta untuk dapat memaksimalkan penyerapan anggaran sesuai target yang telah di tetapkan karena itu merupakan janji kita dan rencana yang telah kita buat sehingga wajib bagi kita untuk seoptimal mungkin memenuhi targetnya “, sebut Rochim.

Monitoring dan Evaluasi (monev) merupakan unsur penting yang memberi input balik bagi perencanaan, karena evaluasi dapat menilai kinerja sebuah organisasi dalam satu kurun waktu tertentu. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut diharapkan arah program dan kebijakan yang dituangkan ke dalam kegiatan akan mampu memenuhi tujuan organisasi dan keinginan pemangku kepentingan. Sehingga untuk memperoleh hasil yang diinginkan maka evaluasi dan monitoring harus dilakukan secara terintegrasi sejak perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi dan monitoring.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan rakor ini adalah untuk Review Capaian Kinerja Semester I Tahun 2022, Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Perumusan Strategi dan Penguatan Kinerja Satuan Kerja serta Pembinaan Sumber Daya Manusia. Dengan output yang diharapkan antara lain ; Terlaksananya Capaian Kinerja Tahun 2022 secara menyeluruh, Terlaksananya Perjanjian Kinerja Tahun 2022, Penyerapan Anggaran secara maksimal, Rencana Kerja Tahun 2023 dan Terlaksananya fungsi dukungan manajemen secara maksimal.

rapat_divmin2022_-_3.png

 


Cetak   E-mail