Dorong Capaian Aksi dan KKPHAM, Kabid HAM Sambangi Pemerintah Kota Bima

bidhanbim_-_1.jpg

ntb.kemenkumham.go.id - Dorong capaian Aksi dan Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKPHAM) Tahun 2023, Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham NTB, Pungka M. Sinaga bersama jajarannya menyambangi Pemerintah Daerah Kota Bima, Jumat(10/2), dan diterima langsung oleh Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, Muhammad Fakhrunraji dan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Bima, Dedi Irawan.

Dalam pertemuan tersebut, Pungka menyampaikan bahwa Capaian Aksi HAM Kota Bima berpredikat rendah, sedangkan capaian KKPHAM masih perlu ditingkatkan lagi agar memperoleh predikat kota peduli HAM.

"Selama ini komunikasi dan sinergitas antara Kanwil Kemenkumham NTB dengan Pemerintah Kota Bima sudah baik, khususnya terkait pelaksanaan penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM. Namun masih perlu ditingkatkan lagi", ungkap Pungka.

Lebih lanjut Pungka berharap agar pada tahun ini Kota Bima bisa memperoleh predikat sebagai Kota Peduli HAM.

Di kesempatan yang sama, Fakhrunraji sangat mendukung program Aksi HAM dan Kabupaten/Kota Peduli HAM. Hal tersebut disambut baik pula oleh Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemda Kota Bima, Dedi Irawan untuk terus mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam memenuhi data dukung yang diperlukan.

Upaya responsif Pemda Kota Bima diyakini mampu memenuhi data dukung terhadap indikator-indikator yang harus dipenuhi dalam kontestasi Kabupaten/Kota Peduli HAM pada tahun ini. Pelaksanaan penilaian KKPHAM pada Tahun 2023 akan dilakukan terhadap 514 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 pelaksanaan KKPHAM bertujuan untuk memotivasi pemerintah daerah Kabupaten/Kota  melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

KKPHAM digagas dalam rangka mengembangkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah serta memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah daerah Kabupaten/Kota dalam melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Disamping itu, pertemuan ini juga menjadi sarana menjalin sinergi dan silaturahmi, sehingga kegiatan yang dilaksanakan bersama antara Kanwil Kemenkumham NTB bersama Pemda Kota Bima akan berjalan maksimal dan sesuai tujuan.

bidhanbim_-_2.jpg

Cetak