DJKI Gelar Asistensi Teknis, Perkuat Pemahaman Kantor Wilayah Terkait Pendaftaran Permohonan Paten

aistensi_paten_pusat_kanwil_-_1.jpg

ntb.kemenkumham.go.id - Tingkatkan pemahaman Kantor Wilayah terkait pendaftaran paten, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar kegiatan Asistensi Teknis Pendaftaran permohonan Paten Secara Online Bagi Kantor Wilayah, Rabu (15/03).

Sonia Pau Adu selaku Subkoordinator Administrasi Permohonan mengatakan kegiatan Asistensi ini akan dilaksanakan sebanyak 2 kali dengan maksud untuk meningkatkan layanan dan pemahaman Kantor Wilayah dalam memberikan pendaftaran Paten.

“Tidak kalah pentingnya bagi Petugas layanan dapat memahami dengan mendalam setiap tugas dan fungsi sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat di daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut Sonia juga menyampaikan harapan agar seluruh jajaran dapat memaksimalkan aplikasi SAKI yang sudah diluncurkan pada bulan Maret tahun 2022 sebagai upaya dalam memberikan pelayanan efektif bagi pemohon paten.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit dan Rahasia Dagang, Slamet Riyadi dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan pemahaman sistem dan proses pengajuan paten yang dilakukan secara online dengan sistem SAKI yang sebelumnya menggunakan sistem aplikasi iproline.

“Kantor wilayah dapat memberikan informasi utuh kepada pemohon paten yang ada di daerah. Diharapkan masukan dari Kanwil terhadap penyempurnaan aplikasi SAKI. Penggunaan fitur dan kendala aplikasi SAKI dalam rangka mengatasi kendala yang memperlambat proses pendaftaran di daerah,” tambah Slamet.

Slamet juga menyampaikan penghargaan kepada semua pihak yang turut serta dalam kegiatan dan menunjukkan keseriusannya. Sebab, Paten merupakan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, Paten juga memiliki peran dalam rangka Peningkatan citra khasanah ilmu pengetahuan dalam bidang riset dan teknologi industri.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15 Maret hingga 17 Maret 2023 di Grand Mercure Hotel Kemayoran Jakarta dan diikuti langsung oleh 75 peserta yang berasal dari 17 Kantor Wilayah termasuk jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB yang diwakili oleh Puan Rusmayadi selaku Kepala Bidang Pelayanan Hukum beserta tim.

aistensi_paten_pusat_kanwil_-_2.jpg

Cetak