Kakanwil : Empat Hal Yang Wajib Diketahui dan Dikuasai Petugas Imigrasi di TPI

imigrasi singapura 2017 2Mataram - "Ada empat hal yang wajib diketahui, dipahami dan dikuasai oleh seorang petugas imigrasi yang bertugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), diantaranya bagaimana mendeteksi impostor, passenger profiling, body language, dan document examination", ujar Sevial Akmily dalam membuka kegiatan Passenger Clearance Module di Hotel Golden Tulip Mataram (22/5/2017).

Kegiatan Passenger Clearance Module diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan dari petugas imigrasi yang bertugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi di beberapa daerah di Indonesia, termasuk  5 orang peserta dari Imigrasi Mataram. Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama antara Direktorat Jenderal Imigrasi dengan Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapore menindaklanjuti kerjasama bilateral yang telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan Singapore. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lee Chian Tak yang merupakan Chief Liasion Officer, Inteligence Division ICA.

Dalam konteks Indonesia, berbicara dan mengimplementasikan manajemen perbatasan (border management) dalam konteks keamanan perbatasan (border security) bukanlah perkara yang mudah tapi bukan juga hal yang mustahil. Luasnya wilayah Indonesia merupakan berkah dari Tuhan sekaligus menjadi tantangan untuk dapat mengelola dan menjaganya dengan baik. Ratusan  pintu masuk-keluar, baik melalui udara, darat dan laut merupakan beban dan tanggung jawab yang berat bagi petugas imigrasi yang jika dilihat saat ini jumlah sumber daya manusia pada jajaran imigrasi masih terbatas sehingga dipandang belum cukup mampu untuk melaksanakan pemeriksaan keimigrasian secara optimal di seluruh pintu masuk-keluar tersebut. Belum lagi adanya fakta bahwa terdapat pintu-pintu masuk-keluar tidak resmi di beberapa kawasan yang dapat memberikan peluang bagi orang untuk berlalu-lalang tanpa pemeriksaan keimigrasian.

Dalam penyelenggaraan kegiatan passenger clearance module akan dilakukan pembahasan hal strategis lain di bidang border management, yaitu peningkatan kapasitas dan kemampuan petugas imigrasi dalam hal melakukan pemeriksaan keimigrasian. forum pelatihan ini juga merupakan kesempatan meluangkan waktu bagi peserta diantara kesibukan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan, serta saling berbagi pengalaman, khususnya di bidang pemeriksaan keimigrasian sebagai implementasi utama dari bidang border management. Materi akan disampaikan oleh para pelatih dari Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapura tentang empat hal yang wajib diketahui oleh petugas imigrasi.

Dalam akhir sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Sevial Akmily berpesan agar peserta dapat fokus dan memperhatikan materi-materi yang diberikan oleh pelatih, serta tidak malu untuk bertanya apabilaada hal-hal yang ingin diketahui lebih jauh. "Jangan pula malu untuk bersikap aktif dalam diskusi-diskusi dan sesi praktek ini semua adalah untuk kebaikan dan kemanfaatan bagi anda dan jajaran imigrasi dan negara kita, Indonesia.

imigrasi singapura 2017 3imigrasi singapura 2017 3

 


Cetak   E-mail