Lapas Mataram Inisiasi Layanan Kunjungan Ramah Anak

kunjungan ramah anakJika biasanya pada hari minggu Lapas Mataram tidak membuka layanan kunjungan, tapi pagi ini terlihat pemandangan yang cukup berbeda di aula kunjungan lapas mataram, karena khusus pagi ini (13/05/2018), lapas mataram membuka layanan kunjungan khusus anak.

Layanan kunjungan istimewa ini sengaja diadakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada anak – anak dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar bisa mengunjungi orangtuanya yang sedang menjalani proses pidana, yang dimana pada hari kerja mereka tidak memiliki kesempatan untuk berkunjung, dikarenakan rutinitas sekolah mereka.

Suasana di areal kunjungan disetting sedemikian rupa oleh para petugas, sehingga tercipta suasana yang menyenangkan bagi anak – anak, berbagai macam wahana permainan juga disediakan , demi terciptanya  areal kunjungan yang ramah anak.

Ibu sarinah, salah satu pengunjung yang sedang mengantarkan anaknya bertemu dengan suaminya (WBP), sangat mengapresiasi program ini.

“Saya sangat senang sekali lapas mataram memberikan kesempatan kepada kami untuk berkunjung di hari libur begini, kita kan tahu sendiri, kalau di hari lain kan anak – anak sekolah , apalagi sekarang minta ijin sekolah juga susah, kasian juga sih kalau mereka tinggalkan pelajaran mereka, ya harapannya sih, semoga program ini berlanjut sampai seterusnya”. ungkap salah seorang keluarga WBP

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Jumasih, A.Md.IP, S.Sos memberikan pernyataan bahwa program ini akan tetap dilaksanan di tiap bulannya, tepatnya di minggu ke – 3. “Kami sudah merencanakan kalau program ini akan kami rutinkan sekali sebulan, yaitu di minggu ke – 3 di tiap bulannya, dan mudah – mudahan fasilitasnya untuk kedepannya bisa kami tambah, sehingga anak – anak ini tidak merasa sedang berkunjung ke Lapas, melainkan mereka datang bermain dan berkumpul  bersama keluarganya, intinya mereka tidak perlu tahu apa yang dirasakan oleh orangtuanya. Terangnya.


Cetak   E-mail