Desk Evaluasi WBK Kanwil Kemenkumham NTB dengan Tim Penilai Internal Itjen Secara Virtual

DESK EVALUASI ITJEN 1Mataram - Ditengah pandemi Covid-19, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat masih tetap semangat dalam mewujudkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Bertempat di ruang aula Kantor Wilayah, tim pokja pembangunan ZI berkumpul mengikuti kegiatan namun tetap menjaga jarak sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Pelaksanaan penilaian desk evaluasi oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal dilakukan secara virtual yang terhubung melalui aplikasi zoom (19/5). Kegiatan ini juga diikuti oleh para pimpinan tinggi yang sekaligus menjadi role model dan melaksanakan komitmen bersama untuk pembangunan ZI.

Dalam kegiatan desk evaluasi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTB diberikan waktu selama 60 menit yang dibagi menjadi empat sesi, yaitu sesi menyuarakan yel-yel, pemutaran video profil, pemaparan dan tanya jawab. Jusman Kepala Divisi Administrasi menyampaikan pemaparan terkait perkembangan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Kanwil Kemenkumham NTB. Kadiv Administrasi menekankan bahwa banyak hal dalam enam area perubahan telah dilakukan mulai dari pencanangan pembangunan zona integritas hingga ke perubahan pola pikir dan budaya kerja pegawai yang dilakukan melalui sosialisasi, peningkatan kedisiplinan dan pemantauan yang dilakukan secara berkala. "Kami mulai semuanya dari komitmen pimpinan yang waktu itu kita mulai dari pencanangan dengan menghadirkan Bapak Sekjen, Wakil Gubernur NTB dan Forkopimda untuk turut menjadi saksi dan menandatangani piagam pencanangan serta dipublikasikan melalui media agar masyarakat luas dapat mengetahui. Alhamdulillah kegiatan yang lain juga telah berjalan pada masing-masing pokja, dan walaupun ditengan pandemi ini kita juga tetap rutin menyelenggarakan apel pagi secara virtual dalam rangka pemantauan kedisiplinan pegawai yang berimplikasi pada budaya kerja", jekas Jadiv Administrasi.

Dari hasil pemaparan yang disampaikan Kadiv Administrasi, Tim Penilai Internal Itjen menyampaikan apresiasi  atas kinerja yang telah dilakukan oleh Kanwil NTB. Pada sesi tanya jawab, tim penilai menekankan pertanyaan pada hasil atau progress inovasi yang dibuat oleh Kanwil Kemenkumham NTB. Menanggapi pertanyaan tersebut, para Kadiv dan tim pokja menyampaikan beberapa hasil inovasi yang telah dilakukan di Kanwil Kemenkumham NTB, seperti pembangunan aplikasi seleksi terbuka jabatan eselon V dan pembangunan website pelayanan hukum yang terintegrasi. Diharapkan inovasi-inovasi yang dibuat akan dapat mempermudah pelaksanaan layanan baik internal ataupun yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Diakhir penilaian, Tim penilai menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota tim pokja pembangunan Zona Integritas Kanwil Kemenkumham NTB. "Ini sebagai langkah awal penilaian untuk nantinya hasil yang evaluasi sekarang ini akan disampikan kepada KemenPAN dan RB untuk penilaian pada tahap berikutnya. Semoga Kanwil NTB dapat meraih predikat WBK", ujar Rusli, salah satu tim penilai internal Itjen. 

DESK EVALUASI ITJEN 4DESK EVALUASI ITJEN 4DESK EVALUASI ITJEN 4


Cetak   E-mail